Cerita Hijrah

Masih berani ?

MASIH BERANI ?

 

disalin dari grup XBANK INDONESIA

Kang Nopan sih enak sudah kerja belasan tahun, pasti sudah punya simpanan modal. Banyak juga yang sekarang gembor2 dan teriak2 anti riba mantan banker tapi memang sudah sebentar lagi waktunya mau pensiun dari kerjaannya di bank, tentunya sudah punya banyak aset dan modal. Saya kan baru masuk Kang, belum punya apa2 juga, tinggalkan pekerjaan rasanya sayang walau tau ini Riba..”_*
(Penggalan chat yang masuk WA Nopan mengenai kegalauan Rekan Kita yang usianya baru 25 tahun dan baru masuk kerja di bank 2th kurang)..
.
Hmm.. andai saja pernyataan itu benar adanya, andai saja Kawan2 tau bahwa banyak sekali Rekan2 Nopan yang eks Lembaga Keuangan Ribawi yang memulai hijrahnya boro2 dengan rumah mentereng atau aset yang bertumpuk2 bahkan mereka memulai dengan hutang yang bertumpuk, bukan dari titik 0 malah, justru kebanyakan minus, serius!!.. Rekan2 Nopan di Group WA XBank akan meng-iya-kan hal tersebut..
.
Rekan2, buat Nopan pribadi andai saat usia sekian sudah diingatkan tentang riba dan sudah masuk ke dalam hati sama seperti saat ini, tentu Nopan akan tetap menyambutnya, justru bila saja tau dari awal tentang bahayanya riba maka lebih mudah bagi Nopan tuk melangkah, merubah haluan dan menekuni pekerjaan baru yang jauh dari lembaga keuangan ribawi..
.
Bagi Nopan tulisan2 anti riba akan lebih pas dan mengena justru untuk pemuda pemudi yang baru lulus kuliah, atau yang baru masuk kerjaannya satu atau dua tahun saja seperti Kalian. karena apa? Karena akan lebih banyak peluang dan kesempatan untuk mencari pekerjaan lain atau memulai bisnis baru saat ilmu2 kuliah masih lekat dipikiran, saat pendidikan formal masih segar diingatan tuk dapat diimplementasikan..
.
Rekan2, alasan Kami Resign dari pekerjaannya dari lembaga keuangan ribawi dan atau Mereka2 yang sudah banyak menjalin hubungan kerjasama dalam bentuk kredit utang berbunga dari lembaga keuangan sejenisnya, dan lalu akhirnya tau soal riba dan teriak2 soal anti riba pada dasar alasannya bermacam2, tidak penting awalnya kenapa tapi yang penting adalah saat ini niatnya murni ingin ingatkan rekan2 lainnya akan bahayanya riba bagi kehidupan, karena Kami merasakannya sendiri dan bahkan Nopan melihat sendiri akibat2 hancurnya rumah tangga yang berantakan karena riba bahkan itu masih di dunia, wallahua’lam bagaimana kelak diakhirat..
.
Gak perlu percaya kata2 atau tulisan Nopan deh, gak perlu juga dengarkan koar2 mereka yang anti riba.. Cukup Sabda Rasulullah (lebih dari 1400 tahun lalu) saja yang jadi pegangan tuk di yakini :
*”Siapapun yang memperbanyak hartanya dari RIBA maka ujung akhir urusannya adalah kemiskinan.”*
[HR. Ibnu Majah 2365]..
.
Alangkah baiknya bila Kawan2 yang masih muda, masih masa2 produktif, gak perlu mengalami getirnya, cukup baca postingan2 Kami yang pernah menjalani, cukup simak tulisan2 dari Mereka2 yang berani menuliskan cerita kehidupan yang berantakan dan rumah tangga yang hancur karena riba, gak perlu mau ikut merasakan, gak perlu latah ingin menjalani, pengalaman buruk gak harus semua mencicipi, petik manfaatnya dari sosial media bahkan di dunia maya, karena pada dasarnya apa keuntungan bagi Kami bercerita yang hanya membuka aib sendiri selain untuk mengingatkan rekan2 dan kawan2 hingga tak harus terjerumus kedalamnya..

Nopan tutup dengan sebuah kisah untuk jadi sebuah renungan di malam Jum’at ini :
Ibnu Bakir menceritakan bahwa ada seseorang yang pernah mendatangi Imam Malik bin Anas rahimahullah.. Ia berkata, “Wahai Abu ‘Abdillah, aku pernah melihat seseorang mabuk lalu dia menjadi pecandu dan ingin bermain judi.” Lalu ia menyatakan, “(Kalau engkau bisa buktikan), istriku jadi tertalak jika memang ada yang masuk dalam rongga anak Adam yang lebih buruk daripada khamar”..
Imam Malik menjawab, “Pulanglah sampai aku cari dahulu jawaban pertanyaanmu!”
Keesokan harinya orang tersebut datang dan Imam Malik mengatakan jawaban sama seperti di atas..
Setelah beberapa hari, orang tersebut mendatangi Imam Malik, lalu Imam Malik memberikan jawaban, “Istrimu jadi tertalak.. Aku telah mencari dari seluruh ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah kutemukan sesuatu yang lebih parah yang masuk dalam rongga anak Adam selain riba, Karena Allah telah menyatakan akan memerangi pemakan riba”..
(Tafsir Al-Qurthubi, 2: 237)..
.
Yang dimaksud oleh Imam Malik rahimahullah adalah ayat alquran berikut :
“Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya”..
(QS. Al-Baqarah: 279)..
.
Maklumat perang yang di umumkan oleh Allah dan Rasul-NYA yang secara jelas tertulis dalam Al-Qur’an (sebagai Pedoman dan Hukum tertinggi Umat Islam), dan menunjuk dengan jelas kepada Kita yang masih jadi PELAKU RIBA sebagai Lawan?!!
.
Lalu kita sebagai Makhluk ciptaan-NYA, mau pake Senjata apa tuk melawan?! mau seberapa banyak kumpulkan Pasukan?! trus, masih yakin bisa menang?!!
kalo Nopan sih langsung nyerah aja deh, tanpa syarat, tanpa debat..
.
Lalu siapa kah pelaku Riba itu??..
“Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, Ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat PEMAKAN riba, PEMBERI riba, PENULIS dan keDUA orang yang menjadi SAKSI atasnya” Ia berkata: “MEREKA itu SAMA (saja)”..
(Hadits riwayat Muslim, 3/1219)..
.
Sudah tau soal Riba dan masih tidak berusaha tuk tinggalkan???
*MAKA TANTANGLAH PERANG PADA ALLAH & RASUL-NYA!!..*
.
Wassalam..

langitmerah
member of XBANK INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *