Artikel

Riba itu…

 

 

 

 

disain dari grup XBANK INDONESIA

Aahh, semakin Nopan pelajari, semakin ngeri dibuatnya.. baik utang piutang ataupun jual beli, Riba selalu siap tuk menghampiri.. kiri kanan, depan belakang, atas bawah, dan disekeliling kita, semua sama dalam dosa tatkala itu masih Riba.. tapi bilapun tak dipelajari maka sudah pasti kita akan terjebak olehnya..

#Umar radhiyallahu ‘anhu berkata : “Janganlah seseorang berdagang di pasar kami sampai dia paham betul mengenai seluk beluk riba..”
(Mughnil Muhtaj, 6/310)
.
#Umar bin ‘Abdul ‘Aziz rahimahullah mengatakan : “Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan..”
(Al Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, hal 15)
.
#Ali bin Abi Tholib mengatakan : “Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus..”
(Al Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, hal 15)..
~~~
Lalu apabila masih melakukan dan tidak berusaha belajar agar tak terjebak lagi akan Riba, apa akibatnya??..
(Nopan akan coba tutup dengan sebuah kisah untuk jadi sebuah renungan di Jum’at dinihari ini)..
.
Ibnu Bakir menceritakan bahwa ada seseorang yang pernah mendatangi Imam Malik bin Anas rahimahullah.. Ia berkata, “Wahai Abu ‘Abdillah, aku pernah melihat seseorang mabuk lalu dia menjadi pecandu dan ingin bermain judi.” Lalu ia menyatakan, “(Kalau engkau bisa buktikan), istriku jadi tertalak jika memang ada yang masuk dalam rongga anak Adam yang lebih buruk daripada khamar”..
Imam Malik menjawab, “Pulanglah sampai aku cari dahulu jawaban pertanyaanmu!”
Keesokan harinya orang tersebut datang dan Imam Malik mengatakan jawaban sama seperti di atas..
Setelah beberapa hari, orang tersebut mendatangi Imam Malik, lalu Imam Malik memberikan jawaban, “Istrimu jadi tertalak.. Aku telah mencari dari seluruh ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah kutemukan sesuatu yang lebih parah yang masuk dalam rongga anak Adam selain Riba, Karena Allah telah menyatakan akan memerangi pemakan Riba”..
(Tafsir Al-Qurthubi, 2: 237)..
.
Yang dimaksud oleh Imam Malik rahimahullah adalah ayat alquran berikut :
“Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya”..
(QS. Al-Baqarah: 279)..
.
Maklumat perang yang di umumkan oleh Allah dan Rasul-NYA yang secara jelas tertulis dalam Al-Qur’an (sebagai Pedoman dan Hukum tertinggi Umat Islam), dan menunjuk dengan jelas kepada Kita yang masih jadi PELAKU RIBA sebagai Lawan?!!
.
Lalu kita sebagai Makhluk ciptaan-NYA, mau pake Senjata apa tuk melawan?! mau seberapa banyak kumpulkan Pasukan?! trus, masih yakin bisa menang?!!
kalo Nopan sih langsung nyerah aja deh, tanpa syarat, tanpa debat..
.
Lalu siapa kah pelaku Riba itu??..
“Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, Ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat PEMAKAN riba, PEMBERI riba, PENULIS dan keDUA orang yang menjadi SAKSI atasnya” Ia berkata: “MEREKA itu SAMA (saja)”..
(Hadits riwayat Muslim, 3/1219)..
.
Sudah tau soal Riba dan masih tidak berusaha sekuat tenaga serta curahkan segala upaya tuk tinggalkan???
*MAKA TANTANGLAH PERANG PADA ALLAH & RASUL-NYA!!..*
Wassalam..
~~~
*Nopan – si Fakir ilmu..
(Jum’at, 05012018)

langitmerah
member of XBANK INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *